Tes Matematika Dasar Sma

Tes Matematika Dasar Sma.



Calon guru membiasakan matematika dasar SMP dari Pembahasan 40 Soal Latihan Matematika Konfirmasi Masuk SMA Menang – SMA Plus – SMA Favorit Tahun 2023 bakal persiapan menghadapi seleksi akademik masuk SMA Unggulan, SMA Berlebih, atau SMA Favorit.

Pemabahasan soal matematika yang kita diskusikan di bawah ini kita pilih berpangkal soal simulasi masuk SMA Primadona, SMA Plus, atau SMA Unggulan periode 2020 yang dilaksanakan makanya Yayasan Tunas Bangsa Soposurung Balige sreg periode 2019 saja masih relevan digunakan sebagai simulasi masuk SMA Unggulan, SMA Plus, atau SMA Favorit Tahun 2023.

Soal pemilihan akademik masuk SMA Unggulan, SMA Sesak, maupun SMA Favorit, secara umum tingkat kesulitannya lebih tinggi daripada cak bertanya-soal Ujian Nasional SMP, malar-malar ada beberapa soal yang mutakadim setara dengan soal Olimpiade Matematika Tingkat Kabupaten (OSK) atau soal-soal masuk Perguruan Tinggi Nageri (PTN).

Soal penyortiran akademik ikut SMA Favorit, SMA Plus, ataupun SMA Nomine tiap tahun yang diujikan juga terus berkembang seiring dengan mengikuti perkembangan kurikulum dan teknologi. Tetapi aturan-aturan dasar alias teorema-teorema internal melakukan cak bertanya secara masyarakat masih sebanding, terkhusus dalam tutorial ilmu hitung.

Sehingga tanya-tanya yang sudah diujikan maka itu SMA Unggul atau SMA Favorit nan lain sangat baik dijadikan pelajaran dasar sebagai bahan persiapan maupun latihan n domestik bernalar untuk mengikuti pembuktian ikut SMA Unggulan, SMA Plus, atau SMA Favorit lainnya. Misalnya Soal dan Pembahasan turut Asrama Yasop SMA Area 2 Balige atau Cak bertanya dan Pembahasan masuk SMA Unggul Del.


Cak bertanya Kursus Matematika Tes Masuk SMA Unggul – SMA Plus – SMA Calon Tahun 2023


1. Soal Simulasi Masuk SMA Unggul-Terlalu

Pada suatu penangkaran terletak burung pipit dan burung kuntum. Ketika $5$ burung pipit dilepaskan, jumlah titit dara dua bisa jadi kalam pipit yang terlambat. Kemudian, ketika $25$ ekor burung dayang dilepaskan, burung pipit yang terlambat adalah $3$ mungkin burung dara yang tercecer. Jumlah pelir pipit awal merupakan…
$(A)\ 20 $
$(B)\ 25 $
$(C)\ 30 $
$(D)\ 35 $

Alternatif Pembahasan:

Kita coba misalkan jumlalh burung dara mula-mula merupakan $d$ dan total zakar pipit pertama merupakan $p$.

Dari pernyataan “Ketika $5$ burung pipit dilepaskan, jumlah zakar nona dua kali burung pipit yang tersisa” kita cak dapat paralelisme $2(p-5) = d$

Bersumber pernyataan “Kemudian, ketika $25$ ekor penis dayang dilepaskan, burung pipit yang tertinggal adalah $3$ mungkin titit dara yang primitif” kita peroleh pertepatan $3(d-25) = p-5$

$\begin{align}
3(d-25) &= p-5 \\
3 d-75 &= \dfrac{1}{2}d \\
3 d-\dfrac{1}{2}d &= 75 \\
\dfrac{5}{2}d &= 75 \\
5d &= 150 \\
d &= 30 \\
\hline
3(d-25) &= p-5 \\
3(30-25) &= p-5 \\
15 &= p-5 \\
20 &= p

\end{align}$

$\therefore$ Pilihan nan sesuai merupakan $(A)\ 20$

2. Soal Simulasi Turut SMA Ulung-Plus

Sisi-jihat sebuah segitiga sama kaki kelukan-tikungan membentuk barisan aritmatika. Kalau keliling segitiga sama kaki$=24\ cm$, maka luas segitiga sama tersebut yaitu…
$(A)\ 20\ cm^{2} $
$(B)\ 24\ cm^{2} $
$(C)\ 28\ cm^{2} $
$(D)\ 32\ cm^{2} $

Alternatif Pembahasan:

Sisi-sisi segitiga sama kaki siku-belengkokan membentuk barisan aritmatika sehingga sisi-jihat segitiga sama kaki belokan-belokan dapat kita misalkan menjadi $3x, 4x, 5x$.

Karena keliling segitiga sama yaitu $24$ sehingga bermain
$\begin{align}
3x + 4x + 5x &= 24 \\
12x &= 24 \\
x &= 2

\end{align}$

Sisi segitiga sama kaki kelokan-lekukan merupakan $3x,4x,5x$ dengan $x=2$ sisi segitiga sama adalah $6,8,10$.
$\begin{align}
L &= \dfrac{1}{2} \cdot a \cdot t \\
&= \dfrac{1}{2} \cdot 6 \cdot 8 \\
&= 24
\end{align}$

$\therefore$ Sortiran yang sesuai yakni $(B)\ 24\ cm^{2}$

3. Soal Simulasi Turut SMA Memenangi-Bersisa

Misalkan rata-rata nilai testing Matematika dari $30$ pelajar adalah $8,4$. Jikalau nilai nan terkecil bukan diperhitungkan, maka rata-ratanya menjadi $8,5$ sedangkan kalau nilai terbesarnya tidak diperhitungkan, maka rata-ratanya menjadi $8,2$. Lingkup dari nilai tentamen Matematika adalah…
$(A)\ 7,4 $
$(B)\ 7,8 $
$(C)\ 8,2 $
$(D)\ 8,7 $

Alternatif Pembahasan:

Kita misalkan nilai berpokok $30$ peserta yang sudah kita urutkan pecah yang terkecil ke terbesar adalah $x_{1},x_{2}, \cdots , x_{29},x_{30}$.

Rata-rata data tunggal kerjakan $30$ ponten adalah $8,4$ sehingga berlaku:
$\begin{align}
\dfrac{x_{1}+x_{2}+\cdots +x_{29}+x_{30}}{30} &=\overline{x} \\
x_{1}+x_{2}+\cdots +x_{29}+x_{30} &= 8,4 \cdot 30 \\
x_{1}+x_{2}+\cdots +x_{29}+x_{30} &= 252

\end{align}$

Kredit yang terkecil bukan diperhitungkan, maka rata-ratanya menjadi $8,5$ sehingga berperan:
$\begin{align}
\dfrac{x_{2}+\cdots +x_{29}+x_{30}}{29} &=\overline{x} \\
x_{2}+\cdots +x_{29}+x_{30} &= 8,5 \cdot 29 \\
x_{2}+\cdots +x_{29}+x_{30} &= 246,5 \\
x_{1}+x_{2}+\cdots +x_{29}+x_{30} &= 252 \\
\hline
x_{1} &= 252-246,5 \\
&=5,5
\end{align}$

Kredit yang terbesar tidak diperhitungkan, maka rata-ratanya menjadi $8,2$ sehingga berlaku:
$\begin{align}
\dfrac{x_{1}+x_{2}+\cdots +x_{29}}{29} &=\overline{x} \\
x_{1}+x_{2}+\cdots +x_{29} &= 8,2 \cdot 29 \\
x_{1}+ x_{2}+\cdots +x_{29} &= 237,8 \\
x_{1}+x_{2}+\cdots +x_{29}+x_{30} &= 252 \\
\hline
x_{30} &= 252-237,8 \\
&=14,2

\end{align}$

Jangkauan data adalah $R=x_{max}-x_{min}$ atau $R=x_{30}-x_{1}=14,2-5,5=8,7$

$\therefore$ Pilihan nan sesuai merupakan $(E)\ 8,7$

4. Pertanyaan Simulasi Masuk SMA Unggul-Terlalu

Diketahui satu lingkaran kecil dengan lingkup $3\sqrt{2}$ melalui pusat satu galangan lautan yang mempunyai radius $6$. Ruas garis nan menghubungkan dua titik potong guri merupakan diameter dari lingkaran kecil, sama dengan puas gambar. Luas daerah rajangan kedua limbung merupakan …

Soal dan Pembahasan SBMPTN 2017 Matematika [Kode106]

$(A)\ 18\pi+18$

$(B)\ 18\pi-18$

$(C)\ 14\pi+14$

$(D)\ 14\pi-15$

Alternatif Pembahasan:

Luas daerah irisan kedua galengan jika kita arsir abnormal bertambah gambarnya menjadi sebagai berikut;

Soal dan Pembahasan SBMPTN 2017 Matematika [Kode106]

Pada soal diberitahu ruas garis yang menambat dua titik hunjam kalangan merupakan diameter berasal lingkaran kecil, sehingga gambar bisa kita sajikan seperti berikut;

Soal dan Pembahasan SBMPTN 2017 Matematika [Kode106]

Dari rancangan diatas luas irisan lingkaran merupakan luas daerah sensasional ditambah luas daerah kuning. Kita dapat menghitung luas daerah biru yang merupakan luas seketul limbung kecil karena $AC$ merupakan sengkang lingkaran mungil.
$\begin{split}
L_{Biru} & = \dfrac{1}{2} \pi r^{2} \\
& = \dfrac{1}{2} \pi (3\sqrt{2})^{2} = \dfrac{1}{2} \pi (18)\\
& = 9 \pi
\end{split}$
Untuk cak menjumlah luas daerah kuning yang merupakan luas tembereng kalangan nan besar, dapat digunakan dengan menghitung cedera luas juring $Fonem$ dengan luas segitiga $Abjad$.

Soal dan Pembahasan SBMPTN 2017 Matematika [Kode106]

Karena $AC$ merupakan garis tengah sehingga $\measuredangle Lambang bunyi=90^{\circ}$, sehingga;
$\begin{split}
L_{Juring\ Lambang bunyi} & = \frac{90^{\circ}}{360^{\circ}} \pi r^{2} \\
& = \frac{1}{4} \pi (6)^{2} \\
& = \frac{1}{4} \pi 36 = 9 \pi
\end{split}$

$\begin{split}
L_{Huruf} & = \frac{1}{2} 6 \cdot 6 \\
& = 18 \\
\hline
L_{Tembereng} & = 9 \pi – 18
\end{split}$
Luas potongan galangan adalah $ L_{Dramatis} +L_{Tembereng}$ yaitu $9 \pi +9 \pi – 18=18 \pi – 18$

$\therefore$ Saringan nan sesuai adalah $(B)\ 18\pi-18$

5. Pertanyaan Simulasi Masuk SMA Unggul-Plus

Jika $A^{2x}=2$, maka $\dfrac{A^{5x}-A^{-5x}}{A^{3x}+A^{-3x}}=\cdots$
$(A)\ \dfrac{31}{18} $
$(B)\ \dfrac{31}{9} $
$(C)\ \dfrac{32}{18} $
$(D)\ \dfrac{33}{9} $

Alternatif Pembahasan:

Dengan menunggangi beberapa sifat bilangan berlenggek dan manipulasi aljabar, bentuk alternatif penjabaran pertanyaan di atas abnormal lebih begitu juga berikut ini:
$\begin{align}
\dfrac{A^{5x}-A^{-5x}}{A^{3x}+A^{-3x}} &= \dfrac{A^{5x}-A^{-5x}}{A^{3x}+A^{-3x}} \cdot \dfrac{A^{5x}}{A^{5x}} \\
&= \dfrac{A^{10x}-A^{0}}{A^{8x}+A^{2x}} \\
&= \dfrac{\left( A^{2x} \right)^{5}-1}{\left( A^{2x} \right)^{4}+A^{2x}} \\
&= \dfrac{\left(2 \right)^{5}-1}{\left( 2 \right)^{4}+ 2} \\
&= \dfrac{32-1}{16+ 2} \\
&= \dfrac{31}{18}
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai merupakan $(A)\ \dfrac{31}{18}$

6. Soal Simulasi Masuk SMA Unggul-Sesak

Suatu garis yang menerobos titi $(0,0)$ membagi persegi tahapan dengan titik-noktah sudut $(1,0),(5,0),(1,12)$ dan $(5,12)$ menjadi dua putaran yang sama luas. Gradien garis tersebut adalah…
$(A)\ \dfrac{1}{2} $
$(B)\ 1 $
$(C)\ 2 $
$(D)\ \dfrac{12}{5} $

Alternatif Pembahasan:

Satu garis yang memberi persegi panjang jadi dua episode nan sama yaitu melalui titik $(0,0)$ maka adalah $y=mx$. Jika kita gambarkan adv minim lebih begitu juga berikut ini;

Matematika Dasar Persamaan Garis (*Soal Dari Berbagai Sumber)

Persegi panjang yang terbentuk luasnya ialah $4 \times 12=48$ satuan luas dan luas trapesium adalah separuh luas persegi panjang yaitu $24$ runcitruncit luas.
$\begin{align}
24 & = \dfrac{1}{2}\ besaran\ garis\ sejajar\ \cdot t \\
24 & = \dfrac{1}{2}\ (m+5m)(5-1) \\
24 & = 2(6m) \\
24 & = 12m \\
m & = 2 \\
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan nan sesuai $(C)\ 2$

7. Soal Simulasi Masuk SMA Unggul-Plus

Tutul $X,\ Y,$ dan $Z$ terdapat pada segitiga sama kaki $Fonem$ sehingga $AZ = AY$, $BZ = BX$, $CX = CY$ seperti pada gambar. Jika $BC,\ CA,$ dan $AB$ berlapis-lapis adalah $a\ cm$, $b\ cm$, dan $c\ cm$, maka $2AY = \cdots\ cm$.

Matematika Dasar Persamaan Garis (*Soal Dari Berbagai Sumber)

$(A)\ -a+b+c $
$(B)\ a-b+c $
$(C)\ a+b-c $
$(D)\ -a-b+c $

Alternatif Pembahasan:

Dengan memperhatikan gambar dan unsur-unsur nan diketahui dan korupsi aljabar, jika kita misalkan $AY=AZ=p$ maka bentuk alternatif perampungan pertanyaan di atas kurang bertambah seperti berikut ini:

Matematika Dasar Persamaan Garis (*Soal Dari Berbagai Sumber)

$\begin{align}
a &= c-p + b- p \\
a – b – c &= -2p \\
-a + b + c &= 2p \\

-a + b + c &= 2 AY
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan nan sesuai adalah $(A)\ -a + b + c$

8. Soal Simulasi Timbrung SMA Unggul-Berlebih

Budi boleh sebuah congkong intern $45$ musim, Toni dalam $30$ hari. Jikalau Budi dan Toni bekerja bersama-sama, maka pekerjaan akan selesai n domestik…
$(A)\ 25\ \text{hari} $
$(B)\ 18\ \text{hari} $
$(C)\ 15\ \text{hari} $
$(D)\ 12\ \text{hari} $

Alternatif Pembahasan:

Kita coba dengan alternatif penyelesaian sama dengan berikut ini;

  • $45$ hari Budi dapat menyelesaikan 1 gardu
  • $30$ hari Toni boleh memecahkan 1 gardu

Artinya internal jangka waktu yg sama merupakan $90$ perian $(\text{90: kpk 45 dan 30})$ Budi dapat menyelesaikan $2$ balai madat dan Toni $3$ balai madat.

Sehingga kerumahtanggaan $90$ hari mereka berdua menyelesaikan 5 gardu.

Makara $1$ balai madat selesai bersama-sama dalam $\frac{90}{5}=18\ \text{perian}$.

$\therefore$ Seleksian yang sesuai yakni $(B)\ 18\ \text{hari}$

9. Soal Simulasi Ikut SMA Ulung-Bersisa

Perbandingan uang Budi dan uang Rani adalah $3 : 4$, sedangkan perbandingan uang Rani dan uang lelah Tini adalah $6:7$. Selisih uang Kreatif dan uang lelah Khuluk adalah $Rp30.000$. Jumlah uang Karakter dan Tini yakni…
$(A)\ Rp270.000,00 $
$(B)\ Rp260.000,00 $
$(C)\ Rp230.000,00 $
$(D)\ Rp210.000,00 $

Alternatif Pembahasan:

Perbandingan tip Fiil dan uang Berlimpah adalah $3 : 4 \equiv 18x:24x$.
Perbandingan persen Produktif dan uang Tini adalah $6 : 7 \equiv 24x:28x$
Cedera uang Fertil dan uang Budi yaitu $Rp30.000$ sehingga bertindak:
$\begin{align}
24x-18x &= Rp30.000 \\
6x &= Rp30.000 \\
x &= 5.000

\end{align}$
Total uang Fiil dan Tini adalah:
$\begin{align}
18x+28x &=46x \\
&=46(5.000) \\
&= 230.000

\end{align}$

Baca :   Model Baju Gamis Bunga2 Terbaru

$\therefore$ Pilihan nan sesuai adalah $(C)\ Rp230.000,00$

10. Pertanyaan Simulasi Masuk SMA Memenangi-Plus

Jika $4^{y+3x}=64$ dan ${}^x\!\log (x+12)-3 \cdot {}^x\!\log 4=-1$, maka $x+2y=\cdots$
$(A)\ 86 $
$(B)\ 34 $
$(C)\ -5 $
$(D)\ -14 $

Alternatif Pembahasan:

Dengan menggunakan sejumlah aturan bilangan bertingkat dan aturan logaritma serta manipulasi aljabar alternatif penjabaran penyelesaian soal di atas seperti berikut ini:
$\begin{align}
4^{y+3x} &=64 \\
2^{2y+6x} &=2^{6} \\
\hline
2y+6x &= 6

\end{align}$

$\begin{align}
{}^x\!\log (x+12)-3 \cdot {}^x\!\log 4 &= -1 \\
{}^x\!\log (x+12)- {}^x\!\batang kayu 4^{3} &= {}^x\!\log x^{-1} \\
{}^x\!\log \dfrac{x+12}{4^{3}} &= {}^x\!\log \dfrac{1}{x} \\
\hline
\dfrac{x+12}{64} &= \dfrac{1}{x} \\

x^{2}+12x &= 64 \\
x^{2}+12x – 64 &= 0 \\
(x+16)(x-4) &= 0 \\
x=-16\ \text{atau}\ x=4 &\\
\end{align}$
Lakukan $x=-16$ tidak memenuhi karena syarat plong logaritma nilai $x \gt 0$, sehingga nilai $x$ nan memenuhi adalah $x=4$.

$\begin{align}
2y+6x &= 6 \\
2y+6(4) &= 6 \\
y &= \dfrac{6-24}{2}=-9 \\
\hline
x+2y &= 4 + 2(-9) \\

&= -14

\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(D)\ -14$

11. Cak bertanya Simulasi Masuk SMA Unggul-Bersisa

Pedagang membeli $150$ kg beras dengan harga $Rp750.00,00$, seandainya pedagang menginginkan untung $15\%$, harga penjualan tiap $kg$ merupakan…
$(A)\ Rp6.000,00 $
$(B)\ Rp5.750,00 $
$(C)\ Rp5.500,00 $
$(D)\ Rp4.500,00 $

Alternatif Pembahasan:

Keuntungan yang diharapkan merupakan $15\% \times Rp750.000,00 = Rp112.500,00$, sehingga keuntungan tiap $kg$ ialah $\dfrac{Rp112.500,00}{150}=Rp750,00$.

Harga penjualan tiap $kg$ adalah:
$\begin{align}
& Rp750,00+\dfrac{Rp750.000,00}{150} \\
& = Rp750,00+ Rp5.000,00 \\
& = Rp5.750,00

\end{align}$

$\therefore$ Pilihan nan sesuai adalah $(B)\ Rp5.750,00$

12. Soal Simulasi Masuk SMA Unggul-Plus

Seutas utas dipotong menjadi $5$ bagian dengan panjang membentuk suatu barisan ilmu ukur, jika tali nan paling pendek $5\ cm$, dan nan minimal jenjang $405\ cm$. Tangga rayon tadinya adalah…
$(A)\ 530\ cm $
$(B)\ 605\ cm $
$(C)\ 705\ cm $
$(D)\ 925\ cm $

Alternatif Pembahasan:

Tali dipotong menjadi $5$ bagian dengan hierarki membentuk suatu laskar geometri sehingga berlaku:

$\begin{align}
N &= a+ar+ar^{2}+ar^{3}+ar^{4} \\
&= 5+5r+5r^{2}+5r^{3}+405 \\
\hline
& 405 = 5r^{4} \\
& \dfrac{405}{5} = r^{4} \\
& 81 = r^{4} \\
& 3 = r \\
\hline
Cakrawala &= 5+5(3)+5(3)^{2}+5(3)^{3}+405 \\
&= 5+15+45+135+405 \\
&= 605
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)\ 605$

13. Soal Simulasi Masuk SMA Unggul-Plus

Nilai $a,b$ dan $c$ yakni sisi-sisi sebuah segitiga, jika $a$ sisi terpanjang, maka pernyataan berikut yang cak acap benar ialah…
$(A)\ a \gt b+c $
$(B)\ a \lt b+c $
$(C)\ a \leq b+c $
$(D)\ a^{2}+b^{2}=c^{2} $

Alternatif Pembahasan:

Untuk setiap segitiga $Aksara$, jika $a,b,c$ yaitu panjang sisi-jihat segitiga sama kaki maka berlaku $a+b \gt c$, $a+c \gt b$ dan $b+c \gt a$.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(A)\ b+c \gt a $

14. Soal Simulasi Masuk SMA Memenangi-Plus

Diketahui $5$ buah truk. Truk $A$ dan $B$ masing-masing memuat $4$ ton. Truk $C$ dan $D$ saban memuat $6$ ton. Jika truk $E$ memuat $1$ ton kian dari kebanyakan muatan kelima Truk, maka bagasi truk $A$ $+$ muatan truk $E$ $= \cdots$ ton.
$(A)\ 8,17 $
$(B)\ 9 $
$(C)\ 10 $
$(D)\ 10,25 $

Alternatif Pembahasan:

Lazimnya kelima truk adalah:
$\begin{align}
\dfrac{A+B+C+D+E}{5} &=\overline{x} \\
\dfrac{4+4+6+6+E}{5} &=\overline{x} \\
\dfrac{20+E}{5} &=\overline{x} \\
20+E &=5 \overline{x} \\
E &=5 \overline{x} -20 \\
\hline
\overline{x} +1 &=5 \overline{x} -20 \\
21 &=4 \overline{x} \\
\dfrac{21}{4} &= \overline{x} \\
\hline
\dfrac{21}{4} &= \dfrac{20+E}{5} \\
105 &= 80+4E \\
25 &= 4E \\
\dfrac{25}{4} &= E \\
6,25 &= E \\
\hline
A+E &= 4+6,25 \\
&= 10,25
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai merupakan $(D)\ 10,25$

15. Soal Simulasi Masuk SMA Unggul-Plus

Jika $\alpha$ dan $\beta$ adalah akar tunggang-akar susu paralelisme kuadrat $x^{2}-(a+5)x+5a=0$, maka angka minimum dari $\alpha^{2}+\beta^{2}=\cdots$
$(A)\ 5 $
$(B)\ 15 $
$(C)\ 10 $
$(D)\ 25 $

Alternatif Pembahasan:

Berpokok kemiripan kuadrat $x^{2}-(a+5)x+5a=0$ dengan akar tunggang-akar $\alpha$ dan $\beta$ kita peroleh:
$\begin{align}
\alpha + \beta &= -\dfrac{b}{a} \\
&= -\dfrac{a+5}{1} = -a-5 \\
\alpha \cdot \beta &= \dfrac{c}{a} \\
&= \dfrac{5a}{1} = 5a \\
\hline
\alpha^{2}+\beta^{2} &= \left( \alpha +\beta \right)^{2} – 2 \alpha \cdot \beta \\
&= \left( -a-5 \right)^{2} – 2 \cdot 5a \\
&= a^{2}+10a+25 – 10a \\
&= a^{2}+25
\end{align}$
Untuk menghitung nilai minimum $\alpha^{2}+\beta^{2} = a^{2}+25$ kita gunakan rumus mengejar skor minimal/maximum fungsi kuadrat yaitu:
$\begin{align}
y_{min} &= -\dfrac{b^{2}-4ac}{4a} \\
&= -\dfrac{0^{2}-4(1)(25)}{4(1)} \\
&= -\dfrac{-100}{4} = 25
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(D)\ 25$

16. Soal Simulasi Masuk SMA Unggul-Plus

Jika $cos\ x=2sin\ x$, maka biji $sin\ x\ cos\ x$ adalah…
$(A)\ \dfrac{1}{5} $
$(B)\ \dfrac{1}{4} $
$(C)\ \dfrac{1}{3} $
$(D)\ \dfrac{2}{5} $

Alternatif Pembahasan:

$\begin{align}
cos\ x &= 2sin\ x \\

\dfrac{sin\ x}{cos\ x} &= \dfrac{1}{2} \\

tan\ x &= \dfrac{1}{2}
\end{align}$
Sesuai dengan pengertian $tan\ x$ merupakan perbandingan sebelah di depan kacamata $x$ dengan sisi pengkolan di samping sudut $x$. Takdirnya pada segitiga sama kaki $Abjad$ dan kacamata $x$ pada tesmak $A$, maka akan dolan sama dengan kerangka berikut ini;

Segitiga ABC

Bersumber segitiga sama $ABC$ dan defenisi perbandingan trigonometri maka kita songsong:
$\begin{align}
sin\ x & = \dfrac{1}{\sqrt{5}} \\

cos\ x & = \dfrac{2}{\sqrt{5}} \\

\hline
sin\ x\ \cdot cos\ x & = \dfrac{1}{\sqrt{5}} \cdot \dfrac{2}{\sqrt{5}} \\

& = \dfrac{2}{5}
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(D)\ \dfrac{2}{5}$

17. Soal Simulasi Masuk SMA Unggul-Plus

Suku tengah barisan aritmatika adalah $23$. Sekiranya kaki terakhirnya $43$ dan suku ketiganya $13$, maka banyak kaki barisan itu adalah…
$(A)\ 5 $
$(B)\ 7 $
$(C)\ 9 $
$(D)\ 11 $

Alternatif Pembahasan:

Cak bagi menotal suku tengah angkatan aritmatika yaitu $u_{falak}=\dfrac{1}{2} \left(a + u_{falak} \right)$.

misal: dari panca barisan aritmatika $\left(a \right)$, $\left(a+b \right)$, $\left(a+2b \right)$, $\left(a+3b \right)$, $\left(a+4b \right)$ kita cak dapat kaki tengah ialah $\left(a+2b \right)$ alias $\dfrac{1}{2} \left(a + a+4b \right)$.

berasal barang apa nan disampaikan pada soal $u_{n}=23$, $u_{kaki langit}=43$ dan $u_{3}=23$

$\begin{align}
u_{n} &= \dfrac{1}{2} \left(a + u_{n} \right) \\
23 &= \dfrac{1}{2} \left(a + 43 \right) \\
46 &= a + 43 \\
3 &= a \\
\hline
u_{3} &= a+2b \\
13 &= 3+2b \\
13 -3 &= 2b \\
10 &= 2b\ \rightarrow b=5

\end{align}$

$\begin{align}
u_{n} &= a+ \left( n-1 \right) b \\
43 &= 3 + \left( n-1 \right) 5 \\
43 – 3 &= 5n- 5\\
40 -5 &= 5n \\
35 &= 5n\ \rightarrow n=7

\end{align}$

$\therefore$ Pilihan nan sesuai merupakan $(B)\ 7$

18. Soal Simulasi Ikut SMA Unggul-Sesak

Lautan sudut terkecil dari dua penyemat jam plong palu $22.10$ adalah…
$(A)\ 145^{\circ} $
$(B)\ 125^{\circ} $
$(C)\ 115^{\circ} $
$(D)\ 95^{\circ} $

Alternatif Pembahasan:

Untuk soal lainnya akan halnya topik Teladan Soal dan Pembahasan Cara Menghitung Besar Tesmak Dua Jarum Jam.

Contoh Soal dan Pembahasan Simulasi Masuk SMA Unggul/Plus Tahun 2020 (*Soal Yayasan Tunas Bangsa Soposurung Balige)

  • Segara sudut terkecil yang dibentuk kedua penyemat jam ketika pukul $22.00$ adalah $\dfrac{360}{12} \times 2=60^{\circ}$
  • Jarum jam panjang (biru) berputar $60^{\circ}$ dari posisi purwa sehingga pencucuk jam ringkas (plonco) berputar $\dfrac{60}{12}=5^{\circ}$ dari posisi mula-mula
  • Penyemat jam pendek (hijau) menjauhi kredit $10$ sejauh $5^{\circ}$, total sudut terkecil nan dibentuk kedua jarum jam adalah:
    $\begin{align}
    & \left( 30^{\circ}-5^{\circ} \right)+\left( 3 \times 30^{\circ} \right) \\
    &= 25^{\circ}+90^{\circ} \\
    &=115^{\circ}
    \end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(C)\ 115^{\circ}$

19. Soal Simulasi Masuk SMA Ulung-Plus

Dalam sebuah bujursangkar dibuat catur biji zakar persegi hierarki yang ekuivalen sehingga terdapat bujursangkar kerdil di dalamnya (seperti tampak internal gambar).

Soal dan Pembahasan Simulasi Masuk SMA Unggul/Plus Tahun 2020 (*Soal Yayasan Tunas Bangsa Soposurung Balige)

Jika diketahui luas bujursangkar besar adalah sembilan kali makin ki akbar dari luas bujur sangkar kecil, maka perbandingan sisi strata dan sisi pendek dari persegi tahapan merupakan…
$(A)\ \dfrac{5}{4} $
$(B)\ \dfrac{4}{3} $
$(C)\ \dfrac{3}{2} $
$(D)\ \dfrac{2}{1} $

Alternatif Pembahasan:

Kita coba dengan memisalkan sisi persegipanjang dengan $a \times b$ sehingga persegi kerdil ukurannya adalah $(b-a)$ dan luasnya $(b-a)^{2}$ dan persegi segara ukurannya adalah $(b+a)$ dan luasnya $(b+a)^{2}$.

Soal dan Pembahasan Simulasi Masuk SMA Unggul/Plus Tahun 2020 (*Soal Yayasan Tunas Bangsa Soposurung Balige)

Luas bujursangkar besar merupakan sembilan kali makin besar dari luas bujur sangkar katai, sehingga berlaku:
$\begin{align}
\left( a+b \right)^{2} &= 9 \left( a-b \right)^{2}\\
\left( a+b \right)^{2} &= \left[ 3(a-b) \right]^{2}\\
a+b &= 3a-3b \\
4b &= 2a \\
\dfrac{b}{a} &=\dfrac{2}{4} =\dfrac{2}{1}
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(D)\ \dfrac{2}{1}$

20. Soal Simulasi Masuk SMA Menjuarai-Plus

Sebuah tempat penadahan air berbentuk tabung dengan tataran $1,2\ m$ dan diameter $70\ cm$. Tempat penampungan air itu akan diisi air dengan kecepatan biasanya $6$ liter per menit. Tempat penampungan tersebut akan penuh setelah…
$(A)\ 1\ \text{jam}\ 17\ \text{menit} $
$(B)\ 1\ \text{jam}\ 27\ \text{menit} $
$(C)\ 2\ \text{jam}\ 34\ \text{menit} $
$(D)\ 2\ \text{jam}\ 51\ \text{menit} $

Alternatif Pembahasan:

Pembendungan air berbentuk tabung sehingga piutang tempat pembendungan air dengan $\pi=\dfrac{22}{7}$ adalah:
$\begin{align}
V_{t} &= \pi\ r^{2} \cdot t \\
&= \dfrac{22}{7} \cdot 35^{2} \cdot 120 \\
&= \dfrac{22}{7} \cdot 35 \cdot 35 \cdot 2 \cdot 2 \cdot 30 \\
&= 22 \cdot 21000 \\
&= 462.000\ cm^{3} \\
&= 462\ dm^{3} = 462\ \text{liter}
\end{align}$

Kecepatan umumnya untuk mengisi tabung ialah $6$ liter per menit sehingga untuk mengisi $462$ liter dibutuhkan waktu $\dfrac{462}{6}=77$ menit maupun setara dengan $1$ jam $17$ menit.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai merupakan $(A)\ 1\ \text{jam}\ 17\ \text{menit} $

21. Soal Simulasi Masuk SMA Unggul-Plus

Perhatikan gambar, $O$ merupakan muslihat galangan.

Soal dan Pembahasan Simulasi Masuk SMA Unggul/Plus Tahun 2020 (*Soal Yayasan Tunas Bangsa Soposurung Balige)

Jika $\angle RQS + \angle RPS =80^{\circ} $ maka $\angle Ros + \angle RTS = \cdots $
$(A)\ 60^{\circ} $
$(B)\ 80^{\circ} $
$(C)\ 100^{\circ} $
$(D)\ 120^{\circ} $

Alternatif Pembahasan:

Karena $\angle RQS$, $\angle RPS$ dan $\angle RTS$ condong busur yang sama $RS$ sehingga $\angle RQS=\angle RPS=\angle RTS$.

Diketahui sekali lagi $\angle RQS + \angle RPS =80^{\circ}$ sehingga $\angle RQS = \angle RPS =\angle RTS =40^{\circ} $.

Baca :   Proses Pengambilan Data Dari Internet Ke Pc Disebut Dengan Istilah

Soal dan Pembahasan Simulasi Masuk SMA Unggul/Plus Tahun 2020 (*Soal Yayasan Tunas Bangsa Soposurung Balige)

$\angle RPS=40^{\circ}$ adalah sudut keliling yang menentang busur $RS$ dan $\angle ROS$ sudut pusat nan memfokus lung $RS$ sehingga $\angle Ros=80^{\circ}$.

$\begin{align}
\angle ROS + \angle RTS &= 80^{\circ} + 40^{\circ} \\
&= 120^{\circ}
\end{align}$

$\therefore$ Seleksian yang sesuai adalah $(D)\ 120^{\circ}$

22. Cak bertanya Simulasi Masuk SMA Memenangi-Plus

Jika $u_{1},u_{2},u_{3}, \cdots$ adalah barisan geometri yang menetapi $u_{3}-u_{6}=x$ dan $u_{2}-u_{4}=y$, maka $\dfrac{x}{y}=\cdots$
$(A)\ \dfrac{\left( r^{3}-r^{2}-r \right)}{\left( r-1 \right)}$
$(B)\ \dfrac{\left( r^{3}-r^{2}+r \right)}{\left( r-1 \right)}$
$(C)\ \dfrac{\left( r^{3}+r^{2}+r \right)}{\left( r+1 \right)}$
$(D)\ \dfrac{\left( r^{3}-r^{2}+r \right)}{\left( r+1 \right)}$

Alternatif Pembahasan:

Karena $u_{1},u_{2},u_{3}, \cdots$ adalah barisan ilmu ukur sehingga berlaku $a,ar,ar^{2}, \cdots, ar^{n}$.
$\begin{align}
\dfrac{x}{y} &= \dfrac{u_{3}-u_{6}}{u_{2}-u_{4}} \\
&= \dfrac{ar^{2}-ar^{5}}{ar – ar^{3}} \\
&= \dfrac{ar^{2} \left( 1- r^{3} \right)}{ar \left( 1 – r^{2} \right)} \\
&= \dfrac{r \left( 1- r^{3} \right)}{ \left( 1 – r^{2} \right)} \\
&= \dfrac{r \left( 1- r \right) \left( 1+r+r^{2} \right)}{ \left( 1 – r \right)\left( 1 + r \right)} \\
&= \dfrac{r \left( 1+r+r^{2} \right)}{ \left( 1 + r \right)} \\
&= \dfrac{ \left( r^{3}+r^{2}+r \right)}{ \left( r + 1 \right)}
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan nan sesuai ialah $(C)\ \dfrac{\left( r^{3}+r^{2}+r \right)}{\left( r+1 \right)}$

23. Soal Simulasi Masuk SMA Unggul-Terlalu

Spektrum dan rata-rata nilai ujian $6$ siswa adalah $6$. Kalau median data tersebut yakni $6$ dan selisih antar kuartil ke-$1$ dan ke-$3$ adalah $4$, maka jumlah dua angka tentamen tertinggi adalah…
$(A)\ 14 $
$(B)\ 15 $
$(C)\ 16 $
$(D)\ 17 $

Alternatif Pembahasan:

Kita misalkan nilai $6$ siswa ialah $x_{1},x_{2},\cdots,x_{6}$, dengan apa nan disampaikan di soal kita terima:

  • Jangkauan $6$,
    $\begin{align}
    J &= x_{6}-x_{1} \\
    6 &= x_{6}-x_{1} \\
    x_{1} &= x_{6}-6
    \end{align}$
  • Median $6$,
    $\begin{align}
    Me &= \dfrac{x_{3}+x_{4}}{2} \\
    6 &= \dfrac{x_{3}+x_{4}}{2} \\
    12 &= x_{3}+x_{4}

    \end{align}$
  • Selisih antar kuartil ke-$1$ dan ke-$3$ adalah $4$

    $\begin{align}
    4 &= Q_{3}-Q_{1} \\
    4 &= x_{5}-x_{2} \\
    x_{2} &= x_{5}- 4
    \end{align}$
  • Rata-rata $6$,
    $\begin{align}
    \overline{x} &= \dfrac{x_{1}+x_{2}+\cdots+x_{6}}{6} \\
    6 &= \dfrac{x_{1}+x_{2}+\cdots+x_{6}}{6} \\
    36 &= x_{1}+x_{2}+x_{3}+x_{4}+x_{5}+x_{6} \\
    36 &= \left( x_{6}-6 \right)+ \left( x_{5}- 4 \right)+ \left( 12 \right)+x_{5}+x_{6} \\
    36 &= 2+2x_{5}+2x_{6} \\
    34 &= 2 \left( x_{5}+ x_{6} \right) \\
    17 &= x_{5}+ x_{6}
    \end{align}$

$\therefore$ Sortiran nan sesuai adalah $(E)\ 17$

24. Soal Simulasi Ikut SMA Menjuarai-Plus

Diketahui $BC$ sejajar dengan $DE$ seperti pada susuk. Jika $BC=6\ cm$, $DE=3\ cm$, dan jarak antara $BC$ dan $DE$ adalah $6\ cm$, maka jumlah luas segitiga sama $Aksara$ dan $ADE$ adalah…

Soal seleksi akademik masuk sma unggul - Diketahui $BC$ sejajar dengan $DE$ seperti pada gambar. Jika $BC=6\ cm$, $DE=3\ cm$, dan jarak antara $BC$ dan $DE$ adalah $6\ cm$, maka jumlah luas segitiga $ABC$ dan $ADE$ adalah

$(A)\ 12 $
$(B)\ 15 $
$(C)\ 18 $
$(D)\ 24 $

Alternatif Pembahasan:

Bermula gambar di atas bisa kita peroleh sejumlah publikasi, antara lain:

  • sudut $\angle BAC = \angle DAE$ Sudut bertolak pinggul,
  • garis $BC$ dan garis $DE$ adalah seimbang sehingga $\angle CBA = \angle DEA$ dan $\angle BCA = \angle EDA$,
  • karena ki akbar ketiga sudut segitiga sama proporsional maka $\bigtriangleup Fonem \sim \bigtriangleup ADE$

Karena $\bigtriangleup ABC \sim \bigtriangleup ADE$ sehingga berlaku (*pelajari perbandingan nan bertindak puas segitiga yang sebangun):
$\begin{align}
\dfrac{BC}{DE} &= \dfrac{t_{ABC} }{t_{ADE}}\\
\dfrac{6}{3} &= \dfrac{t_{Huruf} }{6-t_{Leter}}\\
36-6t_{Abjad} &= 3t_{Leter} \\
36 &= 9t_{ABC} \\
4 &= t_{Leter} \\
2 &= t_{ADE} \\
\end{align}$

Jumlah luas segitiga adalah:
$\begin{align}
\left[ Fonem \right]+ \left[ ADE \right] &= \dfrac{1}{2} \cdot 6 \cdot 4 + \dfrac{1}{2} \cdot 3 \cdot 2\\
&= 12 + 3 = 15

\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(B)\ 15$

25. Soal Simulasi Ikut SMA Unggul-Plus

Bentuk keteter berpunca:
$\sqrt{8+ \sqrt{60}}$ merupakan…
$(A)\ \sqrt{5} +\sqrt{3} $
$(B)\ \sqrt{6} + 2 $
$(C)\ 2 +\sqrt{3} $
$(D)\ \sqrt{6} +\sqrt{2} $

Alternatif Pembahasan:

Rangka soal di atas, dapat kita sederhanakan dengan menarik akar susu kuadrat:

  • $\sqrt{(a+b)+2\sqrt{ab}}=\sqrt{a}+\sqrt{b}$ dengan $a,\ b \geq 0$
  • $\sqrt{(a+b)-2\sqrt{ab}}=\sqrt{a}-\sqrt{b}$ dengan $a,\ b \geq 0$

$\begin{align}
\sqrt{8+ \sqrt{60}} &= \sqrt{8+ \sqrt{60}} \\
&= \sqrt{8+ \sqrt{4 \cdot 15}} \\
&= \sqrt{8+ 2\sqrt{15}} \\
&= \sqrt{(5+3)+ 2\sqrt{(5)(3)}} \\
&= \sqrt{5}+\sqrt{3}
\end{align}$

$\therefore$ Saringan yang sesuai adalah $(A)\ \sqrt{5} +\sqrt{3}$

26. Soal Simulasi Masuk SMA Unggul-Bersisa

$\dfrac{\left (\sqrt[3]{x^{4}} \right )\left ( \sqrt[3]{x^{2}\sqrt{x+1}} \right )}{x\sqrt[6]{x+1}}=\cdots$
$(A)\ x \sqrt{x+1} $
$(B)\ x $
$(C)\ 1 $
$(D)\ \dfrac{1}{\sqrt[6]{x^{2}}} $

Alternatif Pembahasan:

Bentuk pertanyaan di atas, dapat kita sederhanakan dengan sifat-sifat bentuk akar menjadi seperti mana berikut ini:
$\begin{align}
& \dfrac{\left (\sqrt[3]{x^{4}} \right )\left ( \sqrt[3]{x^{2}\sqrt{x+1}} \right )}{x\sqrt[6]{x+1}} \\
&= \dfrac{ \left (x^{\frac{4}{3}} \right) \left ( \sqrt[3]{x^{2} (x+1)^{\frac{1}{2}}} \right )}{x \cdot (x+1)^{\frac{1}{6}}} \\
&= \dfrac{\left ( x^{\frac{4}{3}} \right )\left ( x^{\frac{2}{3}} (x+1)^{\frac{1}{6}} \right)}{x \cdot (x+1)^{\frac{1}{6}}} \\
&= \dfrac{ x^{\frac{4}{3}} \cdot x^{\frac{2}{3}} \cdot (x+1)^{\frac{1}{6}} }{x \cdot (x+1)^{\frac{1}{6}}} \\
&= \dfrac{ x^{\frac{4}{3}+\frac{2}{3}}}{x } \\
&= \dfrac{ x^{\frac{6}{3}}}{x}=\dfrac{ x^{2}}{x}=x
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan nan sesuai adalah $(B)\ x$

27. Soal Simulasi Turut SMA Ulung-Plus

Sebaiknya ketiga garis $3x+2y+4=0$, $x-3y+5=0$ dan $2x+(m+1)y-1=0$ bersilang di satu titik maka ponten $m$ haruslah…
$(A)\ -3 $
$(B)\ 2 $
$(C)\ 3 $
$(D)\ 4 $

Alternatif Pembahasan:

Agar ketiga garis berpotongan sreg suatu titik, kita coba menganilisa titik tusuk dua garis nan telah lengkap, yaitu:
$\begin{array}{c|c|cc}
3x+2y+4 =0\ & (\times 1) \\
x-3y+5 =0\ & (\times 3) \\
\hline

3x+2y+4 =0 & \\
3x-9y+15 =0\ \ \ (-) & \\
\hline
11y-11 = 0 & \\
y = 1 & \\
x-3y+5 =0 &\\
x-3(1)+5 =0 &\\
x + 2 =0 &\\
x = -2
\end{array} $
Agar ketiga garis berpotngan di satu titik maka garis $2x+(m+1)y-1=0$ harus juga melalui tutul $(-2,1)$, sehingga berperan:

$\begin{align}
2x+(m+1)y-1 &=0 \\
2(-2)+(m+1)(1)-1 &=0 \\
-4+m+1 -1 &=0 \\
m &= 4
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(D)\ 4$

28. Soal Simulasi Ikut SMA Unggul-Plus

Persamaan garis yang melalui titik potong garis-garis $6x-10y-7=0$, dan $3x+4y-8=0$ dan merembah lurus dengan garis ke-2 adalah…
$(A)\ 3y-4x+13 =0 $
$(B)\ 3y-4x+\dfrac{13}{2} =0 $
$(C)\ 3y+4x-13 =0 $
$(D)\ 3y-4x+10 =0 $

Alternatif Pembahasan:

Garis yang melalui titik potong dua garis, merupakan:
$\begin{array}{c|c|cc}
6x-10y-7 & =0\ (\times 1) \\
3x+4y-8 & =0\ (\times 2) \\
\hline

6x-10y-7 & =0 \\
6x+8y-16 & =0 (-) \\
\hline
-18y+9 = 0 & \\
y = \dfrac{1}{2} & \\
6x-10y-7 =0 & \\
6x-10 \left( \dfrac{1}{2} \right)-7 =0 & \\
6x-5-7 =0 & \\
6x = 12 & \\
x = 2 & \\
\end{array} $
Garis yang akan kita tentukan adalah garis yang melalui tutul $\left(2, \dfrac{1}{2} \right)$ dan remang lurus dengan $3x+4y-8=0$, dengan $m=-\dfrac{3}{4}$.
Jika dua garis saling berdiri lurus, maka pergandaan gradien kedua garis merupakan $-1$, sehingga gradien garis yang kita pakai adalah $m=\dfrac{4}{3}$ dan persamaan garis adalah:
$\begin{align}
y-y_{1} &=m \left( x – x_{1} \right) \\
y- \dfrac{1}{2} &=\dfrac{4}{3} \left( x – 2 \right) \\
6y- 3 &= 8 \left( x – 2 \right) \\
6y- 3 &= 8 x – 16 \\
6y- 8x +13 = 0 & \\
3y- 4x + \dfrac{13}{2} = 0 & \\
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)\ 3y-4x+\dfrac{13}{2} =0$

29. Soal Simulasi Masuk SMA Memenangi-Bersisa

Seandainya garis $g$ melintasi titik $P(-2,1)$ dan menyusup parabola $y=x^{2}-4x+3$ di titik $Q(x,y)$ dan $R(4,3)$, maka $y-5x=\cdots$
$(A)\ -\dfrac{1}{3} $
$(B)\ -\dfrac{1}{4} $
$(C)\ \dfrac{1}{9} $
$(D)\ \dfrac{1}{2} $

Alternatif Pembahasan:

Kita coba mulai dengan mengandaikan garis $g: y=mx+tepi langit$, karena garis $g$ melalui titik $P(-2,1)$ dan $R(4,3)$ sehingga berlaku:
$\begin{array}{c|c|cc}
1 = -2m+n &\\
3 = 4m+n\ &(-)\\
\hline

-2 = -6m & \\
m = \dfrac{1}{3} &\\
\hline
1 = -2 \left( \dfrac{1}{3} \right) + horizon & \\
1 = – \dfrac{2}{3} + n & \\
falak = \dfrac{5}{3}
\end{array} $
Persamaan garis $g$ ialah $y=mx+n$, merupakan:
$\begin{align}
y &= \dfrac{1}{3} x+ \dfrac{5}{3} \\
3y &= x + 5 \\
\end{align}$

Garis $3y = x + 5$ memotong parabola $y=x^{2}-4x+3$ di titik $Q(x,y)$ dan $R(4,3)$, sehingga dolan:

$\begin{align}
y &= y \\
\dfrac{1}{3} x+ \dfrac{5}{3} &= x^{2}-4x+3 \\
x+5 &= 3x^{2}-12x+9 \\
3x^{2}-13x+4 &= 0 \\
(3x- 1)(x- 4) &= 0 \\
x=\dfrac{1}{3}\ \text{atau}\ x=4 & \\
\end{align}$
Titik $R(4,3)$, kerjakan $x=4$ maka $y=3$
Noktah $Q(x,y)$, untuk $x=\dfrac{1}{3}$ maka $y= \dfrac{1}{3} x+ \dfrac{5}{3} =\dfrac{16}{9}$, sehingga nilai $y-5x=\dfrac{16}{9}-5 \left( \dfrac{1}{3} \right)=\dfrac{1}{9}$

$\therefore$ Pilihan nan sesuai yakni $(C)\ \dfrac{1}{9}$

30. Soal Simulasi Masuk SMA Unggul-Plus

Jika kedua akar paralelisme $x^{2}-px+p=0$ bernilai nyata, maka besaran kuadrat akar-akar itu mempunyai ekstrem…
$(A)\ \text{Paling kecil}\ -1 $
$(B)\ \text{Maksimum}\ -1 $
$(C)\ \text{Minimum}\ 8 $
$(D)\ \text{Maksimum}\ 8 $

Alternatif Pembahasan:

Takdirnya akar-akar tunjang kemiripan kuadrat $x^{2}-px+p=0$ adalah $\alpha$ dan $\beta$, maka bermain:

  • Total akar tunjang-akar susu $\alpha+\beta =-\dfrac{b}{a}=p$
  • Perkalian akar susu-akar $\alpha \cdot \beta = \dfrac{c}{a}=p$
  • Jumlah kadrat akar tunggang-akar tunggang
    $\begin{align}
    /alpha^{2}+\beta^{2} &= \left( \alpha +\beta \right)^{2}-2 \alpha \beta \\
    &= p^{2}-2p

    \end{align}$
  • Poin minimum $y=p^{2}-2p$ adalah

    $\begin{align}
    y_{p} &= -\dfrac{b^{2}-4ac}{4a} \\
    &= -\dfrac{(-2)^{2}-4(1)(0)}{4(1)} \\
    &= -\dfrac{4-0}{4}=-1
    \end{align}$
    (*membiasakan kian banyak tentang arti kuadrat)

$\therefore$ Saringan yang sesuai yaitu $(A)\ \text{Minimum}\ -1$

31. Soal Simulasi Timbrung SMA Menang-Bersisa

Nilai $x$ yang memenuhi pertidaksamaan $x^{4}-x^{2} \lt 0 $ adalah…
$(A)\ -2 \lt x \lt 2 $
$(B)\ -2 \lt x \lt 0\ \text{alias}\ 0 \lt x \lt 2 $
$(C)\ -1 \lt x \lt 0\ \text{ataupun}\ 0 \lt x \lt 1 $
$(D)\ -1 \lt x \lt 1 $

Alternatif Pembahasan:

$\begin{align}
x^{4}-x^{2} & \lt 0 \\
x^{2} \left( x^{2}-1 \right) & \lt 0 \\
x^{2} \left( x -1 \right)\left( x +1 \right) & \lt 0
\end{align}$
Pereka cipta hampa berpokok pertidaksamaan di atas ada tiga ialah $x=-1$, $x=0$ dan $x=1$ kita gambarkan dalam garis ganjaran dan kita lakukan uji skor plong setiap wilayah seperti berikut ini:
Soal seleksi akademik masuk sma unggul - Nilai $x$ yang memenuhi pertidaksamaan $x^{4}-x^{2} \lt 0 $ adalah

Dari gambar di atas daerah yang menunaikan janji $x^{2} \left( x -1 \right)\left( x +1 \right) \lt 0$ adalah $-1 \lt x \lt 0$ atau $0 \lt x \lt 1$

(*belajar lebih banyak tentang pertidaksamaan)
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(C)\ -1 \lt x \lt 0\ \text{maupun}\ 0 \lt x \lt 1$

32. Soal Simulasi Masuk SMA Unggul-Plus

Perhatikan gambar persegi $ABCD$ dan jajargenjang $EFGH$ di bawah ini…

Soal seleksi akademik masuk sma unggul - Jika luas daerah yang tidak diarsir adalah $61\ cm^{2}$, maka luas daerah yang diarsir adalah

Kalau luas provinsi yang tidak diarsir adalah $61\ cm^{2}$, maka luas provinsi yang diarsir yaitu…

$(A)\ 6\ cm^{2} $
$(B)\ 10\ cm^{2} $
$(C)\ 12\ cm^{2} $
$(D)\ 20\ cm^{2} $

Alternatif Pembahasan:
  • Luas daerah persegi $ABCD$ adalah $\left[ ABCD \right]= 25\ cm^{2}$
  • Puas persegi Luas negeri tidak diarsir adalah $25- [arsir]$
  • Luas area jajargenjang $EFGH$ adalah $\left[ EFGH \right]= 48\ cm^{2}$
  • Sreg jajargenjang Luas daerah tidak diarsir ialah $48- [arsir]$
Baca :   Baju Abu Cocok Dengan Jilbab Warna Apa

Pada cak bertanya disampaikan luas daerah yang tidak diarsir adalah $61\ cm^{2}$, (*jumlah daerah tak diarsir), sehingga main-main:
$\begin{align}
61 &= 25 – [arsir] + 48 – [arsir]\\
61 &= 73 – 2[arsir] \\
2[arsir] &= 73 – 61 \\
2 [arsir] &= 12 \\
[arsir] &= 6

\end{align}$

$\therefore$ Seleksian yang sesuai adalah $(A)\ 6\ cm^{2}$

33. Soal Simulasi Ikut SMA Unggul-Plus

Sebuah taman berbentuk persegipanjang berukuran $(30\ m \times 18\ m)$. Di seputar taman dipasang kusen lampu dengan jarak antar lampu $6\ m$. Jika harga tiap kusen lampu $Rp200.000$ per kusen, maka biaya yang diperlukan seluruhnya yakni…
$(A)\ Rp2.400.000,00 $
$(B)\ Rp3.200.000,00 $
$(C)\ Rp4.000.000,00 $
$(D)\ Rp4.800.000,00 $

Alternatif Pembahasan:

Tiang lampu dipasang di seputar tambak, sehingga kita cari terlebih lampau keliling empang yaitu:
$\begin{align}
\text{Keliling} &= 2(p+l)\\
&= 2(30+18)\\
&= 96

\end{align}$
Kayu lampu dipasang berjarak $6\ m$ sehingga banyak tiang lampu adalah $\dfrac{96}{6}=16$ tiang.
Biaya yang dibutuhkan lakukan tiap gawang lampu adalah $Rp200.000$ sehingga biaya keseluruhan adalah $200.000 \times 16 = 3.200.000$

$\therefore$ Sortiran nan sesuai ialah $(B)\ Rp3.200.000,00$

34. Soal Simulasi Masuk SMA Unggul-Berlebih

Sebuah konstruksi berbentuk balok dengan ukuran $15\ m \times 10\ m \times 4\ m$. Dinding babak dalam di cat seluruhnya dengan biaya $Rp30.000,00$ permeter persegi. Seluruh biaya pengecatan gedung ialah…
$(A)\ Rp6.000.000,00 $
$(B)\ Rp6.900.000,00 $
$(C)\ Rp9.000.000,00 $
$(D)\ Rp12.000.000,00 $

Alternatif Pembahasan:

Balok dengan ukuran $15\ m \times 10\ m \times 4\ m$, secara masyarakat berarti $p=15$, $l=10$ dan $t=4$ sehingga nan menciptakan menjadikan dinding yaitu ukuran $2 \times \left( 15\ m \times 4\ m \right)=120\ m^{2}$ dan $2 \times \left( 10\ m \times 4\ m \right)=80\ m^{2}$. Besaran luas dinding ialah $200\ m^{2}$.

Biaya kuantitas nan dibutuhkan untuk pengecatan dinding adalah $30.000 \times 200$ atau $Rp6.000.000,00$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(A)\ Rp6.000.000,00$

35. Soal Simulasi Ikut SMA Memenangi-Plus

Khuluk dan Tini membeli-beli di toko yang sama dalam minggu nan sejajar selama $5$ waktu (Senin sebatas dengan Jumat). Mereka masing-masing mempunyai kemungkinan yang setinggi bakal berbelanja di toko pada $5$ tahun tersebut. Peluang mereka berbelanja di toko itu pada musim yang kronologis yaitu…
$(A)\ 0,20 $
$(B)\ 0,25 $
$(C)\ 0,32 $
$(D)\ 0,50 $

Alternatif Pembahasan:

Peluang Budi dan Tini belanja ialah sama, peluang Budi belanja yaitu $P(B)=\dfrac{1}{5}$ dan peluang Tini belanja adalah $P(T)=\dfrac{1}{5}$.

Mereka membeli-beli lega hari yang berurutan terjadi sreg okta- peluang merupakan:

  • Fiil Senin – Tini Selasa maupun sebaliknya,
  • Budi Selasa – Tini Rabu atau sebaliknya,
  • Budi Rabu – Tini Kami, satau sebaliknya
  • Kepribadian Kamis – Tini Jumat, atau sebaliknya

Karena biji kebolehjadian belanja sama jadi cukup kita hitung puas suatu kebolehjadian lalu nanti kita kalikan dengan delapan atau kebolehjadian delapan kemungkinan yang terjadi di atas kita jumlahkan semuanya.

Peluang Budi membeli-beli hari Senin yakni $\dfrac{1}{5}$ dan peluang Tini berbelanja hari Selasa ialah $\dfrac{1}{5}$, sehingga prospek Khuluk membeli-beli senin dan Tini Selasa adalah $\dfrac{1}{5} \cdot \dfrac{1}{5}=\dfrac{1}{25}$.

Jumlah kebolehjadian peluang Budi dan Tini belanja pada hari yang berurutan adalah $8 \times \dfrac{1}{25}=0,32$

$\therefore$ Seleksian yang sesuai adalah $(C)\ 0,32$

36. Soal Simulasi Masuk SMA Unggul-Plus

Sebuah kapal berpokok pelabuhan berlayar ke selatan sepanjang $72\ km$, kemudian pasung ke timur selama $21\ km$, jarak terdekat kapal waktu ini pecah pangkalan yakni…
$(A)\ 93\ km $
$(B)\ 84\ km $
$(C)\ 75\ km $
$(D)\ 65\ km $

Alternatif Pembahasan:

Keadaan pelabuhan dan kapal bisa kita ilustrasikan seperti berikut ini:

Soal seleksi akademik masuk sma unggul - Sebuah kapal dari pelabuhan berlayar ke selatan sejauh $72\ km$, kemudian belok ke timur sejauh $21\ km$, jarak terdekat kapal sekarang dari pelabuhan adalah

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(C)\ 75\ km$

37. Soal Simulasi Timbrung SMA Unggul-Berlebih

Perhatikan data lega tabel berikut ini!

Tinggi Badan Frekuensi
$151-155$ $3$
$156-160$ $6$
$161-165$ $13$
$166-170$ $10$
$171-175$ $6$
$176-180$ $2$

Modus dari data pada tabel yakni…
$(A)\ 163,50 $
$(B)\ 164 $
$(C)\ 166,25 $
$(D)\ 166,50 $

Alternatif Pembahasan:

Modus merupakan nilai yang minimum sering muncul atau frekuensi nan paling osean.

Kerjakan data eksklusif modus suatu data mudah ditemukan, sekadar untuk data berkelompok modus data terbatas lebih rumit.
Modus data bergerombol dirumuskan seperti berikut ini;
$Mo = Tb_{mo} + \left( \frac{d_1}{d_1 + d_2} \right) c$
dimana;
$Tb_{mo}:$Tepi asal kelas modus, dan Kelas modus adalah kelas bawah dengan frekuensi paling lautan.
Inferior modus, berpokok tabel tertumbuk pandangan bahwa kelas kekerapan tertinggi adalah inferior $161-165$, sehingga $(Tb_{mo} = 161 – 0,5 = 160,5)$;
$d_1:$ Cedera kekerapan inferior modus dengan kelas sebelum kelas modus; $(d_{1}=13-6=7)$;
$d_2:$ Tikai frekuensi kelas modus dengan kelas setelah kelas modus; $(d_{2}=13-10=3)$;
$c:$ Panjang Kelas $(c=151,5-155,5=5)$;

$ \begin{align}
Mo & = Tb_{mo} + \left( \frac{d_1}{d_1 + d_2} \right) c \\
& = 160,5 + \left( \frac{7}{7 + 3} \right) \cdot 5 \\
& = 160,5 + \left( \frac{7}{10} \right) \cdot 5 \\
& = 160,5 + 3,5 \\
& = 164
\end{align} $

$\therefore$ Pilihan yang sesuai $(B)\ 164$

38. Cak bertanya Simulasi Masuk SMA Unggul-Plus

Perhatikan limas beraturan $Lengkung langit.ABCD$ berikut.

Soal seleksi akademik masuk sma unggul - Besar sudut antara bidang $TAD$ dan $TBC$ adalah

Lautan kacamata antara bidang $TAD$ dan $TBC$ merupakan…
$(A)\ 90^{\circ} $
$(B)\ 60^{\circ} $
$(C)\ 45^{\circ} $
$(D)\ 30^{\circ} $

Alternatif Pembahasan:

Untuk mendapatkan sudut antara permukaan $TAD$ dan $TBC$, kita tarik garis melangkaui $T$ nan takut lurus $BC$ dan $AD$ sehingga kita songsong sudut $ETF=\alpha$ seperti gambar berikut:

Soal seleksi akademik masuk sma unggul - Besar sudut antara bidang $TAD$ dan $TBC$ adalah

Dengan teorema pythagoras pada $\bigtriangleup TCF$ dapat kita tentukan panjang $TE$ dan $TF$ yaitu:
$\begin{align}
TE^2=TF^{2} & = TC^{2}-CF^{2} \\
& = (\sqrt{3})^{2}-(1)^{2} \\
& = 3-1 = 2 \\

TE =TF & = \sqrt{2}
\end{align}$
Dengan kaidah yang selaras pada $\bigtriangleup TT’F$ dapat kita tentukan tangga $TT’$ yaitu:
$\begin{align}
TT’^{2} & = TF^{2}-Horizon’F^{2} \\
& = (\sqrt{2})^{2}-(1)^{2} \\
& = 2-1 = 1 \\

TT’ & = \sqrt{1} =1
\end{align}$
Dengan tinggi $TT’=1$, maka luas $\bigtriangleup TEF$ adalah $\left[ TEF \right]=\dfrac{1}{2} \cdot (1) \cdot (2)=1$

Bikin menghitung luas $\bigtriangleup TEF$ bisa juga dengan pendirian (*jika diketahui dua sisi dan satu tesmak)
$\begin{align}
\left[ TEF \right] &=\dfrac{1}{2} \cdot (TE) \cdot (EF) \cdot sin\ \alpha \\
&= \dfrac{1}{2} \cdot (\sqrt{2}) \cdot (\sqrt{2}) \cdot sin\ \alpha \\
&= sin\ \alpha
\end{align}$

Dari hasil di atas, boleh kita cabut kesimpulan:
$\begin{align}
\left[ TEF \right] & = \left[ TEF \right] \\
sin\ \alpha & = 1 \\
\alpha & = 90^{\circ} \\
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(A)\ 90^{\circ}$

39. Soal Simulasi Masuk SMA Menang-Plus

Sebuah Prisma segitiga $Abjad.DEF$ dengan panjang rusuk alasnya $AB=AC=12\ cm$, sudut $\angle Fonem=30^{\circ}$ dan tinggi prisma $20\ cm$. Luas permukaan prisma tersebut adalah…
$(A)\ \left(420+240\sqrt{3}\ \right) cm^{2} $
$(B)\ \left(420+280\sqrt{3}\ \right) cm^{2} $
$(C)\ \left(480+240\sqrt{3}\ \right) cm^{2} $
$(D)\ \left(480+312\sqrt{3}\ \right) cm^{2} $

Alternatif Pembahasan:

Luas permukaan prisma segitiga dapat kita hitung dengan kaidah menotal luas ingat melelapkan yang membentuk prsma segitiga sama.

Soal seleksi akademik masuk sma unggul - Besar sudut antara bidang $TAD$ dan $TBC$ adalah

Dari gambar di atas, luas permukaan prisma cak semau tiga pulang ingatan datar nan membentuknya yaitu:
$\begin{align}
\left[ ABED \right] & = 2 \cdot AB \cdot AD \\
& = 12 \cdot 20 \\
& = 240
\end{align}$
Lakukan cak menjumlah luas $\bigtriangleup Abjad$ kita butuh panjang $AA’$ dan $BA’$, dengan menggunakan rasio trigonometri pada $\bigtriangleup AA’B$
$\begin{align}
sin\ 30^{\circ} & = \dfrac{AA’}{AB} \\
\dfrac{1}{2} & = \dfrac{AA’}{12} \\
6 & = AA’ \\
\hline
cos\ 30^{\circ} & = \dfrac{BA’}{AB} \\
\dfrac{1}{2} \sqrt{3} & = \dfrac{BA’}{12} \\
6 \sqrt{3} & = BA’ \\
\hline
\left[ Lambang bunyi \right] & = \dfrac{1}{2} \cdot BC \cdot AA’ \\
& = \dfrac{1}{2} \cdot 12\sqrt{3} \cdot 6 \\
& = 36 \sqrt{3} \\
\end{align}$

Lalu luas persegi strata $BCFE$
$\begin{align}
\left[ BCFE \right] & = BC \cdot CF \\
& = 12\sqrt{3} \cdot 20 \\
& = 240\sqrt{3}
\end{align}$

Total luas permukaan prisma segitiga adalah

$\begin{align}
& 2 \left[ ABED \right] + 2 \left[ ABC \right] + \left[ BCFE \right] \\
& = 2(240)+ 2 \left( 36 \sqrt{3} \right) + 240 \sqrt{3} \\
& = 480 + 72 \sqrt{3} + 240 \sqrt{3} \\
& = 480 + 312 \sqrt{3}

\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yakni $(D)\ \left(480+312\sqrt{3} \right) cm^{2}$

40. Cak bertanya Simulasi Masuk SMA Unggul-Plus

Sekiranya $x_{1}$ dan $x_{2}$ yaitu penyelesaian $x^{{}^3\!\batang kayu x}=81$, maka $x_{1}x_{2}=\cdots$
$(A)\ -2 $
$(B)\ -1 $
$(C)\ 1 $
$(D)\ 2 $

Alternatif Pembahasan:

Jikalau kita jabarkan dan dengan menggunakan beberapa sifat logaritma, maka akan kita songsong:
$\begin{align}
x^{{}^3\!\batang kayu x} &=81 \\
{}^x\!\log 81 &= {}^3\!\log x \\
{}^x\!\log 3^{4} &= {}^3\!\batang kayu x \\
4 \cdot {}^x\!\log 3 &= {}^3\!\batang kayu x \\
\hline
mis:\ {}^3\!\log x=a & \\
\hline
4 \cdot \dfrac{1}{a} &= a \\
4 &= a^{2} \\
a^{2} – 4 &= 0 \\
\hline
a_{1} + a_{2} & = – \dfrac{b}{a} \\
{}^3\!\log x_{1} + {}^3\!\log x_{2} & = 0 \\
{}^3\!\log x_{1} x_{2} & = {}^3\!\log 1 \\
x_{1} x_{2} & = 1
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan nan sesuai adalah $(C)\ 1$

Jika beliau tidak sanggup menahan lelahnya sparing, Maka engkau harus menanggung pahitnya kebodohan ___pythagoras

Jika terkesan untuk menyelesaikan soal simulasi untuk mata pelajaran yang lain silahkan download pada link berikut ini:

  • Soal Simulasi Matematika Ikut SMA Unggul Hari 2019 (*Soal Yayasan Tunas Bangsa Soposurung Balige) 👀 📥 Download File
  • Soal Simulasi IPS Masuk SMA Menang Tahun 2019 (*Soal Yayasan Recup Bangsa Soposurung Balige) 👀 📥 Download File
  • Tanya Simulasi IPA Masuk SMA Unggul Tahun 2019 (*Soal Yayasan Tunas Bangsa Soposurung Balige) 👀 📥 Download File
  • Soal Simulasi B.Inggris Timbrung SMA Ulung Tahun 2019 (*Pertanyaan Yayasan Taruk Bangsa Soposurung Balige) 👀 📥 Download File

Bagi barang apa sesuatu hal nan perlu kita diskusikan terkait Pembahasan 40 Soal Pelajaran Matematika Tes Masuk SMA Unggul – SMA Plus – SMA Favorit Perian 2023 silahkan disampaikan 🙏
CMIIW😊.

Jangan Pangling Lakukan Berbagi 🙏 Share is Caring 👀 dan
JADIKAN HARI INI Asing BIASA! – WITH GOD ALL THINGS ARE POSSIBLE😊

Tes Matematika Dasar Sma

Source: https://www.defantri.com/2019/12/simulasi-masuk-sma-unggulan.html

Check Also

Cara Ganti Sandi Fb Tanpa No Hp Dan Email

Cara Ganti Sandi Fb Tanpa No Hp Dan Email. Cara Reset Introduksi Sandi Facebook Minus …